Minggu, 09 September 2012

Arc Saber 8 dx



 



Raket;
Yonex Arcsaber 8 DX
Spek;
3uG5 kode SP
BP kosongan 29,5 cm, BP senar + grip asli = 30,3 cm, BP akhir (senar + grip asli buka ganti over grip G-11 RKEP X 2) = 29 cm
Senar Yonex BG66 tarikan 25 lbs simpul 2.
Waktu test 20/07/2010 s/d 22/10/2010 lebih dari 15 X game
Level pemain dan lawan: recreational player

Kesan Pertama:
Keragu-raguan yg ada akhirnya sirna dan berubah menjadi suatu keyakinan setelah mencoba raket ini.
Saat pemanasan lob back to back gampang saja tanpa terlalu menguras tenaga, area sweatspot cukup besar walau tidak sebesar NS9900 atau seri BS11 namun bukan berarti hal yg jelek....di raket ini area tersebut menjadi lebih fokus dan u/ mencarinya tidaklah sulit.
Satu lagi hal positif yg saya rasa adalh adaptasi yg mudah sekali di raket ini, menurut saya....siapapun yg mencobanya dan apapun type permainannya pasti gampang banget 'nyetel' dan menemukan feel raket ini.

Game Time
Berbekal adaptasi yg mudah didapat di raket ini,..justru saya merasakan hal yg "biasa-biasa" saja dalam permainan sebenarnya u/ menemukan hal yg menjadi kelebihan ataupun kekurangan raket ini.
Inilah rangkumannya menurut versi saya:

POWER
Inilah hal positif lainnya yg saya temukan, raket ini mampu menghasilkan power yg besar baik itu berupa smash ataupun clear/lob dibanding dg NS9900 atau BS11, namun masih lebih kecil dari seri N 50 I dari Li Ning.
Namun u/ sektor ini saya berkeyakinan; di tangan yg powernya besar (walau tanpa dibarengi wrist yg ulet), hal positif yg saya sebut diatas lebih potensial lagi bisa u/ dimunculkan....tinggal fokus mendapatkan sweatspotnya, maka raket ini mampu menghasilkan output power yg mantap

MANUVER
Harus saya akui raket ini tidak secepat seri BS dari Victor, sekalipun dengan BS11 yg secara BP hampir sama apalagi dengan NS9900,..namun ini bukanlah menjadi kelemahan dari raket ini. Manuver raket ini masih lebih baik daripada "saudara" nya AS10 atau seri2 dari Armotec.
Drive, chop sesekali masih bisa dilakukan sedang manuver defense dan counter attack lumayan, walau harus cukup menguras tenaga.

FEEL
Great Feel All Round Racket!,.......YUP!.....hanya itulah dan tetap seperti itulah penilaian saya pada raket ini.
Adaptasi yg mudah didapat, solid walau tidak sesolid NS9900 karena saya merasa sesekali raket terasa 'bergeser' (bukan bergetar) bila menerima hentakan pada saat smash atau clear jauh.....namun saya yakin ini lebih dari akibat keterbatasan power yg ada pada diri saya dan saya yakin di tangan yg powernya kuat, raket ini pasti stabil.

KONTROL
Tidak ada yg jelek,...walau juga tidak ada yg terlalu luar biasa,...dropshot, placing, netting semuanya bagus dan cukup presisi dilakukan dengan raket ini.

KOSMETIK
Skema warna yg ditampilkan oleh Yonex pada raket ini, menurut saya cukup menarik walau bila dibandingkan dengan pendahulunya AS 10 masih kalah keren, namun bagi yg suka tampilan kalem namun maskulin raket ini mampu memberikannya.
Paint jobnya halus, rapi dan cukup kuat.

Berikut saya coba memberi perbandingan raket ini dengan beberapa raket yg ada sebelumnya:
RAKET ; POWER; MANUVER; FEEL; KONTROL; KOSMETIK
AS 8 DX ; 9,25 + ; 9 - ; 9. ; 9 + ; 9
NS9900 ; 9 ; 9,5 ; 9 ; 9,25 ; 9
BS 11 ; 9,25 ; 9,5 - ; 9 ; 9 ; 9

Jadi........menurut saya....raket ini "seharusnya" mampu menjadi "raket wajib" u/ dicoba oleh yg menyukai permainan keras/attacing dg smash dan kontrol sebagai andalan dalam permainan ganda,sebelum menjadi pilihan, entah itu sebagai raket back-up ataupun sebagai raket utama....karakter yg all round cenderung offensif menjadi "kunci" utamanya.

Kesimpulan
Ini mungkin menjadi kata wajib saya di setiap kali selesai membuat catatan kecil; hasil ini bukanlah kesimpulan akhir,....jadi seiring dg waktu dan keadaan semua penilaian bisa berubah.
Hal diatas bukan pula kesimpulan akhir dari raket ini, tidak ada yg terbaik dan terjelek u/ sebuah raket, yg ada hanyalah "kecocokan".....
Nah,...u/ menemukan itu yg kadang kadang sulit serta membutuhkan waktu, tenaga dan biaya,....namun bila saja kita lebih sering dapat berbagi maka u/ menemukannya dapat diharapkan lebih mudah, dan di sini,..di FTB sudah kita buktikan bersama sama hal tersebut.
Jadi sekali lagi hasil ini hanyalah dari seorang nubitol dg level recreational player dengan level lawan yg sama, u/ sekedar bisa berbagi,....jadi no offense plis.
Semoga bisa bermanfaat....:)



  1. Video yang bisa dilihat:





Tidak ada komentar:

Posting Komentar